Sunday, February 2, 2014

indorock dan neo indorockers

Neo Indorockers, sebuah gerakan komunitas anak muda pelestari sebuah genre musik asal Indonesia yang sempat terkenal di belahan dunia terutama Eropa era 1950an disebut Indorock atau biasa dikenal dengan sebutan Indonesian Rock N Roll, genre ini sempat happening jauh sebelum band-band dunia yang terkenal sesudahnya seperti The Beatles,The Rolling Stone, Pink Floyd, bahkan Led Zeppelin sekalipun! Konon beredar kabar genre ini termasuk salah satu genre yang mempengaruhi perkembangan musik di dunia dan bahkan beberapa band dunia kala itu juga terpengaruh dengan genre musik seperti ini.


Adalah sebuah band asal Indonesia dan Surabaya yang bernama The Tielman Brothers yang menjadi sebuah pelopor perkembangan musik di Indonesia yang bahkan diakui oleh seorang ratu di negeri Belanda sebagai band rock n’ roll pertama di negeri tersebut. Istilah Indorock itu sendiri merupakan sebuah “title” atau sebutan yang di sematkan oleh para pendengar di sana karena mayoritas band-band Indorock ini hampir semua personilnya merupakan orang Indonesia.adapun asal-usul para pelaku musik/musisi Indorock ini dahulunya merupakan orang Indonesia yang hijrah ke negeri Belanda karena di negerinya dahulu (Indonesia) mereka tidak diakui yang disebabkan mereka merupakan bekas keturunan tentara KNIL (orang Indonesia yang menjadi bagian dari tentara Belanda), namun berbeda saat di Belanda musikalitas mereka mendapat sambutan yang luar biasa kala itu dan bahkan menjadi sebuah inspirasi band-band setelah mereka salah satunya adalah band dunia The Beatles.
Inspirasi yang dijadikan dari band-band Indorock ini adalah aksi saat mereka manggung,mereka membawakan aksi panggung yang luar biasa menarik diluar dari aksi band-band lain pada umumnya seperti memetik gitar dibelakang punggung, guling-gulingan, melompati/menaiki drum, memakai gigi (sebelum aksi Sang Raja Gitar, Jimi Hendrix), dan lain sebagainya. Ciri khas lain dari musik Indorock ini adalah adanya unsur musik keroncong yang dipadukan dari irama rock n roll yang keluar dari gitar yang mereka mainkan.akan tetapi meski demikian kehidupan mereka dalam bermasyarakat disana sangat kontras dari apa yang mereka dapatkan saat dipanggung bersama band mereka, mereka tetap dijadikan sebagai warga golongan kedua/golongan rendah karena mereka semua merupakan warga imigran asing dan bukan warga negara asli.
Berasal dari sumber tersebutlah, NeoIndorockers berinisiatif untuk membangkitkan dan memajukan kembali musik yang sempat maju di jaman tersebut agar tidak punah dan menghilang begitu saja.Neo yang berarti “baru” dan Indorockers berarti “Pelaku Indorock.” Bertempat di sebuah kediaman seorang pemain bass dari sebuah band bernama GPLUCK Beatles Band & SORE, Awan Sir Garnida Kartadinata, inilah awal mula terbentuk sebuah pergerakan yang bernama NeoIndorockers. Sebuah gerakan yang berfungsi sebagai wadah berkumpulnya pola pikir para anggotanya yang ingin mengetahui lebih dalam sebuah aliran musik yang dinamakan Indonesian Rock N Roll atau biasa dikenal Indorock.
Berawal dari rasa ingin tahu, lalu tertarik, dan akhirnya berminat untuk terjun langsung ke dalam pergerakan ini para anggota yang baru berjumlah 50an orang tersebut, sedikit banyak sudah mulai mengenal apakah itu Indorock. Jadi dimasa kini sebutan Indorock yang dahulunya dibilang “tua/kuno” sekarang bukan hanya dapat dinikmati oleh kalangan tertentu seperti orang tua saja, tetapi semua kalangan dari yang muda, remaja hingga dewasa kini dapat membaur menjadi satu dengan para orang tua yang lebih tahu akan musik seperti ini. NeoIndorockers juga bukan hanya merupakan suatu tempat atau sarana diskusi, berkumpul ataupun tempat sharing mengenai musik Indorock, tetapi juga merupakan suatu sarana dimana dapat menciptakan sebuah bibit-bibit baru dari anak-anak muda berbakat yang ingin terjun langsung mempraktekkan permainan musik Indorock,dengan kata lain NeoIndorockers turut berperan dalam pembentukan band-band indorock baru dari anak muda masa kini seperti layaknya di tahun 1950an lalu.
Dan pada akhirnya, Neo Indorockers sebagai komunitas pelestari genre musik Indorock memiliki visi dan misi untuk mempertahankan dan memperkenalkan genre musik yang sempat mendunia ini kepada generasi penerus pada saat ini di negara asalnya yakni Indonesia.

No comments:

Post a Comment