Tuesday, February 4, 2014

Interview Superglad Oleh Emir R Zawawi

Ringkas saja karena kami datang telat dari yang dijadwalkan, karena menghadiri teckmeet untuk sebuah event, kami langsung masuk ke studio yang mana menjadi basecamp mereka dan ternyata mereka sedang berkumpul karena 15 menit yang lalu mereka baru saja selesai latihan untuk manggung besok. Ngobrol sejenak kita langsung ke kantin yang ada halaman depan studio. Inilah hasil dari Interview kita dengan Superglad.
>Ceritain donk gimana awalnya terbentuk Superglad?
Awalnya tuh tahun 2003 bubar sih band yang namanya Waiting Room, gw berempat masih nongkrong disini karena masih pengen ngeband dan akhirnya kita ngejam-ngejam sampai akhirnya dan malah jadi Superglad, Waiting Room yang lainya ada yang kerja, ada yang kerja di label, Eka pas balik ke Jakarta bikin The Brandals langsung yah udah pada punya kesibukan masing-masing, nah berempat disini nie yang bikin, pertama kali nama kita The Glad Superstar

>Nah Koq bisa Jadi Superglad?

Kepanjangan, disimplein jadi superglad. Itu juga awalnya becanda-becandaan, Bikin bandnya juga becanda-becandaan, Jadi ngejam maen dievent-event awalnya kita masih bawain lagu orang, kita masih mencari jati diri banget mau kemana nie?sempet
lima bulan lah baru kebentuk jati dirinya.
>Imagenya itu kebentuknya gimana nie banyak yang bilang superglad itu melodic atau punk rock?

Pertama kali sieh kita niatnya pengen bikin band alternative rock doang, Cuma gara-gara pas jadi, Ini mah punkrock-punkrock juga emang dah darah dagingnya. Nah dari situ jadi tuh album pertama tapi anak-anak bingung, mau dibilang punk rock yah punk rock mau di bilang melodic yah ga melodic jadi kita menamakan Teens Rock, Rock Muda. Hahaha……

>Nah Discography kalian gimana nie??

Mini album 2003 September, bikin Ep nya tuh ga sengaja rilis-rilis aja ech masuk Mtv Exclusive Artist, truz pihak Mtv minta video klipnya mana nie?nah kita bikin dan dikasih waktu 1 minggu akhirnya kita bikin dengan modal 800,000 perak. klip pertama kali “tidurlah” jadi dari situ label ngeliat sebelum kita dah kasih label tapi kita rilis dululah Ep, Waktu itu labelnya BMG belum Major mereka dengan sony jadi masih BMG, BMG tertarik truz ada produser yang mau biayain kita akhirnya dia titip edar di BMG untuk rilis album kita itu pun dengan edan-edanan karena biar Mtv Exclusive artistnya belum habis, nah Ep gw yang udah beredar tarik lagi, Bumi hanguskan dan kita rilis album dengan 12 lagu. Album kedua 2004 agustus, ketika hati bicara keluar dan kita sign contract baru dengan label,
Ada bos yang mau rilis ketika hati bicara tahun 2004 tapi orang cina ini dunianya bukan di musik, ach bosen jadi labelnya ditinggalin gitu aja jadi kita ga ada sign contract apa-apa, jadi kita keluar. Tahun 2005 bekerja sama dengan Indika Entertainment untuk merilis film berjudul Cewe Metropolis tapi kita ngga ada di filmnya, jadi filmnya udah jadi, udah tayang, tapi mereka mau merilis Soundtracknya tapi kurang jadi mereka mengilat kita manggung dia nawarin. Kita kurang 3 lagu nih untuk di masukan ke album, nah kita punya lagu yang dibuang waktu itu akhirnya kita masukin, nah ternyata band yang udah masuk waktu itu akhirnya ga dibuatin video klip malah kita yang dibikinin video klip. Nah kita ga ada di film? Kata mereka ga pa2 ga ada di film kareran lagu yang cocok untuk soundtrack film mereka lagu kita berjudul menghinati cinta, Nah 2006 kita rilis ep lagi dengan single satu buat Mtv Staying alive kita bikin nyebarin dengan konsep panggung ke panggung dan jualan di venue, 2007 kita fakum, cari label dan duit buru-buruan dapet, ada panggung hajar ga dipeduluin budget berapa nah ternyata duit yang dapet duluan bukan label, ya sudah rilis sendiri aja tapi kerjasama sama label dan akhirnya aquarius yang mau kerjasama dan terlahirlah album kita Flamboyan tahun 2008 juni akhir.
>Singlenya apa dan konsep albumnya bagaimana??

Teenflick Rocker dan konsep flamboyan jadi waktu itu superglad waktu bikin album ini hatinya lagi pada flamboyan nah pas bikinnya superglad lagi ada efek rumah tangga, ada yang baru married, ada yang baru ngelahirin, hahaha… nah besok beda lagi nie momoentnya setelah abis ngelahirin wah jiwa mudanya nongol lagi puber ke2 deh..hahaha

>Manggung yang paling heboh dimana???

Kalo heboh paling sering banget kalo ancur tuh di Aceh jadi yang cewe disebelah kiri dan cowo disebelah kanan dipisahkan bamboo ditengahnya, waktu itu gw maen sama pas band, pas band aja bingung, jadi yang sebelah sini cewe dan sebelah sana cowo…

>Waktu itu di Jakarta Rock Parade pernah berorasi, apa tuh maksud orasinya??

Oiya gw ga melarang orang-orang make kaos itu, karena dia beli dia suka model yah dia pake, tapi gw sebel pribadi misalkan band idola gw dipake t-shirtnya dan saat gw tanya sama orang itu ga tau..hahaha kalo kita pake karena demen karena ngoleksi, nah ada juga yang meraka banyak duit dan mereka beli yang asli yang gw cari2 susah banget t-shirtnya. Itu dipake salah artis sinetron gara2 logo tengkoraknya bagus, dia beli 350.000 dan gw bilang itu t-shirt yang gw cari2 dari dulu dan dia bilang oh ini band yah?uahuahuahauhauahuhu……….

>Tangepan musik
Indonesia sekarang menurut kalian gimana?
Saya kaya Fariz Rm kali yah di rooling stone, mengalami stagnasi ke2 setelah era jaman fariz rm tiba2 masuk ke era nya pop menye2 minus one gt dengan keyboard tunggal dah jadi album, disaat mtv mengalami perubhan menurut gw mtv dulu lebih bagus, band2 yang diputer bener2 keren nah sekrang medianya ga ngepush itu, siapa yang bayar yah tayang nah akhirnya nongol yang kaya2 gt, nah menurut gw satu lagkah mudur lagi, walaupun secara musikalitas kita lebih maju jauh dari negara2 tetangga tapi sayangnya ngga ada yang expose jadi menurut gw waawasan penikmat musik mundur wawasan pemusik maju.

>Tangepan kalian tentang label?

Wah itu dah tanggepan yang gimana gt, yah karena gara2 label-label itulah band-band ini jadi maju kenapa diambilin, jualan jangan jualan kacanglah sekali-sekali jualan cokelat..uahauhauahuahauah…

>Tangepan kalian tentang global warming?

Kemarin kita maen diacara global warming tapi emang superglad orang-orangnya kurang bersih buang sampah sembarangan,hehe gw menentang polisi karena gw pernah ditilang polisi karena gw ga nyalain lampu motor gw, tapi gw mendebat polisi itu dan ngga jadi bayar dengan alesan global warming, pak ini dah panas lampu saya 110 watt kalo ada sepuluh motor kaya saya pak dah 1000 watt ga makin panas tuh pak dunia? bapak ga baca global warming nah jadi ga ditangkep itu salah satu yang gw lakuin untuk global warming jadi ga pernah nyalain lampu pas siang-siang.

>Nah gimana nie single kedua kalian di album flamboyan?

Yah kita sekarang lagi poling ni di myspace di media dengan kandidat, Tinggi di awan, Gnos Evol dan Pembalat liar.
Hampir setiap pertanyaan Buluk yang menjawab tapi sekali-sekali Giox berkomentar, nah Siang menjelang sore itu Buluk sudah bersiap untuk siaran. Akhirnya kami mengambil gambar Superglad di Studio diatas dan itu juga sebagai akhir dari Interview kami dengan Superglad.. Thx Superglad atas waktunya.

No comments:

Post a Comment